Selasa, 06 Maret 2012

INTRANEOUS VARIABLES & EXTRANEOUS VARIABLES

INTRANEOUS VARIABLES
Variabel tergantung (dependent variables) : suatu variabel yang tercakup didalam hipotesis penelitian, yang keragamanny adipengaruhi oleh variabel lain.

Variabel bebas (independent variables) : suatu variabel tercakup didalam hipotesis penelitian, yang mempengaruhi variabel tergantung. Keragamannya : intervensi peneliti, suatu keadaan atau kondisi atau fenomena yang ingin diselidiki, diteliti atau dikaji.

Variabel antara (intervene variables) : variabel yang bersifat menjadi perantara (mediating) dari hubungan variabel bebas kevariabel tergantung.

Variabel Moderator adalah variabel yang bersifat memperkuat atau memperlemah pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung.

EXTRANEOUS VARIABLES
Variabel pembaur (confounding variables) : suatu variabel yang tidak tercakup dalam hipotesis penelitian, akan tetapi muncul dalam penelitian dan berpengaruh terhadap variabel tergantung. Pengaruhnya mencampuri atau berbaur dengan variabel bebas.

Variabel kendali (control variables) : adalah variabel pembaur (cofounding) yang pengaruhnya dapat dikendalikan. Pengendalian dapat dilakukan dengan cara blocking atau kriteria ekalusi-inklusi, yaitu mengeluarkan obyek yang tidak memenuhi kriteria (ekslusi) dan mengambil obyek yang memenuhi kriteria.

Variabel penyerta (concomitant variables) : variabel pembaur (cofounding) yang tidak dapat dikendalikan, sehingga tetap menyertai (terikut) dalam proses penelitian. Konsekuensinya, data tersebut harusdi amati. Pengaruh baurnya dihilangkan (dieliminasi) pada tahapan alisis data.

1 komentar: