Senin, 20 Februari 2012

Profil BEM STIE Tamansiswa Banjarnegara Periode 2012-2013

PENDAHULUAN
Badan Eksekutif Mahasiswa yang disingkat BEM adalah lembaga kemahasiswaan internal kampus yang berkonsentrasi meningkatkan civitas akademik kemahasiswaan. Keberadaannya disetiap kampus merupakan sarana kelengkapan organisasi kemahasiswaan, BEM merupakan lembaga eksekutif mahasiswa tertinggi di tingkat Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tamansiswa Banjarnegara.
Wujud pengembagan civitas akademik kemahasiswaan yang dimaksud tercermin dari program – program BEM yang dirumuskan secara musyawarah dan dilaksanakan dengan penuh loyalitas dan tanggung jawab, hal ini menggambarkan bentuk penghargaan terhadap peran dan fungsinya sebagai tonggak terdepan dalam memperjuangkan kepentingan mahasiswa STIE Tamansiswa Banjarnegara, dilain sisi diharapkan terwujud sinergitas antara lembaga mahasiswa dengan senat dosen dan masyarakat secara umum.
SAMBUTAN KETUA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM) STIE TAMANSISWA BANJANEGARA
Assalaamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh
Salam dan Bahagia,
Syukur Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Alloh SWT Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, atas kemurahan dan limpahan rahmat serta karunia-Nya, sehingga Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) angkatan 2012/2013 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tamansiswa Banjarnegara telah terbentuk dan semoga kami dapat melanjutkan kegiatan – kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) angkatan 2011/2012 STIE Tamansiswa Banjarnegara. Terbentuknya Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) angkatan 2011/2012 STIE Tamansiswa Banjarnegara tidak lain adalah suatu program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) angkatan 2011/2012 dimana kegiatan – kegiatan yang telah dilaksanakan harus terus dijaga dan ditingkatkan kegiatannya demi kemajuan para Mahasiswa STIE Tamansiswa Banjarnegara pada khususnya dan tentunya kemajuan bagi STIE Tamansiswa Banjarnegara.
Para Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang harus terus dilatih dan dikembangkan potensi dalam diri para Mahasiswa sehingga dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berguna bagi nusa dan bangsa. Untuk itu Badan Eksekutif Mahasiswa adalah sebagai wadah dan media bagi para Mahasiswa untuk mengekspresikan diri, berlatih dalam berbagai even – even / kegiatan – kegiatan yang positif dan sebagai awal pengenalan bagi Mahasiswa cara berorganisasi sehingga para Mahasiswa nantinya siap dan sanggup terjun dalam dunia industry dan bisnis, selain itu BEM juga berfungsi sebagai tempat untuk mengembangkan potensi diri pada Mahasiswa.
Diharapkan dengan adanya wadah ini para Mahasiswa dapat menjadi pioneer pembaharuan kemasa depan yang lebih baik di dalam STIE Tamansiswa Banjanegara pada khususnya dan Kota Banjarnegara serta Bangsa Indonesia.
Wassaalamu’alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIE Tamansiswa Banjarnegara Periode 2012/2013
Ahmad Mudhakir a.mudhakir@yahoo.co.id
I. PENDAHULUAN
Badan Eksekutif Mahasiswa adalah wadah / tempat para Mahasiswa berorganisasi dan mengekspresikan serta mengembangkan bakat diri mereka. BEM STIE Tamansiswa Banjarnegara Periode 2012/2013 memprogramkan diri untuk lebih memajukan STIE Tamansiswa Banjarnegaera dengan lebih mengaktifkan dan menghidupkan Kegiatan Usaha Mahasiswa (UKM) yang ada sesuai dengan potensi – potensi yang dimiliki para Mahasiswa.
Selain itu BEM STIE Tamansiswa Banjarnegara juga akan lebih memperkenalkan keberadaan STIE Tamansiswa Banjarnegara kepada masyarakat Kota Banjarnegara sebagai salah satu dan satu – satunya Sekolah Tinggi yang berbasis ekonomi di Kota Banjarnegara. BEM STIE Tamansiswa Banjarnegara selama ini belum aktif secara penuh sehingga pada periode 2012/2013 akan berusaha lebih aktif dalam segala kegiatan – kegiatan yang berpotensi untuk memajukan STIE Tamansiswa Banjarnegaera sesuai dengan keinginan dan bakat dari para Mahasiswa STIE Tamansiswa Banjarnegara itu sendiri.
Dengan tetap berpegang teguh pada aturan dan tata tertib serta norma – norma yang dijunjung tinggi oleh perguruan Tamansiswa dengan pada ajaran – ajaran yang diwariskan dari Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau biasa dikenal dengan Ki Hadjar Dewantara yang mempelopori pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda sehingga dia disebut sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia.
Karena itulah tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara sekarang ini diperingati di Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Bagian dari semboyan ciptaannya, tut wuri handayani, menjadi slogan Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia, dan patutlah kita sebagai titisan dari Ki Hadjar Dewantara untuk meneruskan perjuangannya dan mengharumkan nama Perguruan Tamansiswa.
II. SEJARAH SINGKAT
Sekembalinya Ki Hadjar Dewantara dari pengasingan ke tanah air Indonesia pada tahun 1918, Ki Hajar Dewantara mencurahkan perhatiannya di bidang pendidikan sebagai salah satu bentuk perjuangan meraih kemerdekaan. Bersama rekan – rekan seperjuangan lainnya, Ki Hajar mendirikan Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau lebih dikenal dengan Perguruan Nasional Tamansiswa pada 3 Juli 1922.
Taman Siswa merupakan sebuah perguruan yang bercorak nasional yang menekankan rasa kebangsaan dan cinta tanah air serta semangat berjuang untuk memperoleh kemerdekaan. Perjuangan Ki Hajar Dewantara tak hanya melalui Taman siswa, sebagai penulis, Ki Hajar Dewantara tetap produktif menulis untuk berbagai surat kabar. Hanya saja kali ini tulisannya tidak bernuansa politik, namun beralih ke bidang pendidikan dan kebudayaan. Tulisan KI Hajar Dewantara berisi konsep – konsep pendidikan dan kebudayaan yang berwawasan kebangsaan.
Melalui konsep – konsep itulah dia berhasil meletakkan dasar – dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia. Semboyan dalam sistem pendidikan yang dipakainya kini sangat dikenal di kalangan pendidikan Indonesia. Secara utuh, semboyan itu dalam bahasa Jawa berbunyi ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. ("di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan"). Semboyan ini masih tetap dipakai dalam dunia pendidikan rakyat Indonesia, terlebih di sekolah – sekolah Perguruan Tamansiswa.
STIE Tamansiswa Banjarnegara didirikan di bawah naungan Yayasan Pendidikan Tinggi Tamansiswa Banjarnegara dengan Akta Notaris Nomor : 27. tanggal 19 Oktober 2002 dan Akta Perubahan Nomor : 16. tanggal 10 Februari 2003 dengan Nama Notaris : Soni Dewangkara bertempat di Banjarnegara.
Adapun para Pendiri Yayasan, terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu Pemerintah Daerah. Tokoh Masyarakat pemerhati Pendidikan Tinggi dan Tokoh Tamansiswa di Banjarnegara. Pendirian STIE Tamansiswa Banjarnegara dilatar belakangi pengembangan dan penanganan para lulusan SMK, SMA, MA baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Banjarnegara khususnya dan sekitarnya. Kemudian mendukung Kebijakan Pemerintah Daerah tentang Rencana Strategis Bidang Pendidikan dan Pengembangan Ekonomi (Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan).
Selain itu, fenomena merebaknya Perguruan Tinggi baik Negeri maupun swasta yang pada tahun 2003 sudah mencapai 15 Perguruan Tinggi yang mengadakan perkuliahan di Banjarnegara semakin menguatkan semangat para pendiri untuk merealisasikan Perguruan Tinggi yang mandiri, berkualitas dan biaya terjangkau. Dari latar belakang tersebut diatas, didirikan Perguruan Tinggi yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tamansiswa Banjarnegara dengan 2 (dua) Program Studi, yaitu Manajemen dan Akuntansi jenjang S1. Dengan berdirinya STIE Tamansiswa Banjarnegara maka berdirilah pula Badan Eksekutif Mahasiswa STIE Tamansiswa Banjarnegara karena BEM adalah bagian dari STIE Tamansiswa Banjarnegara itu sendiri. Dimana BEM STIE Tamansiswa difungsikan sebagai wadah untuk berlatih berorganisasi dan mengekspresikan serta mengembangkan bakat diri para Mahasiswa.
BEM STIE Tamansiswa Banjarnegara Periode 2012/2013 resmi dijabat pada tanggal 20 Januari 2012 kepada Saudara Ahmad Mudhakir untuk dilanjutkan kegiatannya dalam mengembangkan Kreatifitas para Mahasiswa STIE Tamansiswa Banjarnegara.
III. VISI
Menciptakan Mahasiswa yang aktif, kreatif dan berwawasan luas dalam dunia bisnis dengan menjunjung tinggi nilai – nilai pancasila.
IV. MISI
1. Mengaktifkan dan mengembangkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
2. Menggali dan mengembangkan potensi – potensi para Mahasiswa.
3. Menciptakan Mahasiswa yang produktif dan aktif.
4. Mengembangkan dan melatih kepribadian para Mahasiswa dalam organisasi.
5. Menciptakan mahasiswa yang penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
6. Menciptakan peran serta Mahasiswa kepada STIE Tamansiswa Banjarnegara dan Masyarakat Umum.
V. TUJUAN
1. Tercipta Kegiatan Usaha Mahasiswa.
2. Mencetak Mahasiswa yang aktif, kreatif dan produktif.
3. Mencetak Mahasiswa yang mampu berorganisasi.
4. STIE Tamansiswa dikenal oleh Masyarakat luas.
VI. STRUKTUR ORGANISASI/LEMBAGA KEMAHASISWAAN
Struktur organisasi/lembaga kemahasiswaan yang ada dilingkungan STIE Tamansiswa Banjarnegara adalah sebagai berikut :
VII. STRUKTUR ORGANISASI BEM
1. Ketua • Ahmad Mudhakir
2. Sekretaris • Alfian Rochmawati
3. Bendahara • Ratri Kurniyawati
4. Humas • Dwi Wachyuni
VIII. PEMBINAAN MAHASISWA
Pembinaan mahasiswa melalui jalur ekstrakuler dan kokurikuler dilakukan sebagai berikut :
1. Kegiatan pembinaan jalur ekstrakurikuler dilaksanakan melalui lembaga/organisasi kemahasiswaan, yang semuanya berada di bawah koordinasi badan eksekutif mahasiswa (BEM). Dalam pembinaan jalur ekstrakurikuler ini, BEM dapat membentuk beberapa unit guna mewadahi hobi, minat, dan bakat mahasiswa.
2. Kegiatan pembinaan jalur khusus (kokurikuler) dilaksanakan dalam upaya menunjang secara langsung program kurikuler.
BEM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tamansiswa Banjarnegara berfungsi :
1. Menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa STIE Tamansiswa Banjarnegara.
2. Merencanakan dan menetapkan garis – garis besar program kegiatan kemahasiswaan.
3. Membidangi organisasi kemahasiswaan yang bersifat kokurikuler yang dilaksanakan oleh BEM.
4. Membidangi organisasi kemahasiswaan yang bersifat ekstrakurikuler yang operasionalnya dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
5. Mengkomunikasikan mahasiswa antar organisasi kemahasiswaan BEM fakultas dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) di tingkat perguruan tinggi.
 BEM STIE Tamansiswa Banjarnegara periode 2010 – 2011 diketuai oleh Ismawan (Program Akademik Manajemen)
 BEM STIE Tamansiswa Banjarnegara periode 2011 – 2012 diketuai oleh Turno (Program Akademik Akuntansi).
 BEM STIE Tamansiswa Banjarnegara periode 2012 – 2013 diketuai oleh Ahmad Mudhakir (Program Akademik Manajemen).
IX. LEMBAGA/ORGANISASI KEMAHASISWAAN
Lembaga atau organisasi kemahasiswaaan dibentuk untuk melaksanakan peningkatan penalaran, minat dan bakat, serta kesejahteraan mahasiswa dalam kehidupan kemahasiswaan diperguruan tinggi.
Organisasi kemahasiswaan tersebut diselenggarakan dari, oleh dan untuk mahasiswa . Hanya ada satu organisasi kemahasiswaan internal di STIE Tamansiswa Banjarnegara , yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).
Dalam rangka operasionalisasi kegiatan – kegiatan kemahasiswaan dibidang ekstrakurikuler dan kokurikuler, BEM membentuk beberapa UKM. Pimpinan organisasi kemahasiswaan bertanggung jawab pada pimpinan Perguruan Tinggi STIE Tamansiswa Banjarnegara. Pengurus masing – masing UKM bertanggung jawab pada pengurus BEM Perguruan Tinggi STIE Tamansiswa Banjarnegara.
Fungsi dan tugas pokok BEM STIE Tamansiswa adalah mengkoordinasikan seluruh kegiatan kemahasiswaan intern yang ada pada lingkungan STIE dalam rangka membantu pimpinan Perguruan Tinggi dengan pembinaan dan pengembangan kehidupan kemahasiswaan sebagai wadah pengembangan bakat dan minat para Mahasiswa serta sebagai forum diskusi, musyawarah, tukar menukar informasi dan komunikasi guna mencapai tujuan pendidikan di STIE Tamansiswa Banjarnegara.
X. UNIT KEGIATAN MAHASISWA
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan wadah kegiatan mahasiswa untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minatnya masing – masing dan keanggotaannya bersifat sukarela sesuai dengan kesamaan minat/bakat mahasiswa. System keanggotaan iuran sesama anggota UKM diatur secara mandiri oleh pengurus UKM bersama BEM dibawah arahan pimpinan Perguruan Tinggi.
Tugas pokok UKM adalah merencanakan dan melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler pada tingkat perguruan tinggi yang bersifat lintas fakultas/program studi dalam bidang kegiatan tertentu sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
Fungsi UKM adalah sebagai wahana untuk melaksanakan dan mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler tertentu di tingkat perguruan tinggi yang bersifat lintas fakultas/program studi, baik yang bersifat penalaran dan keilmuan, minat dan bakat, kesejahteraan, maupun pengabdian pada masyarakat.
Kegiatan – kegiatan ekstrakuler dan kokurikuler Mahasiswa yang ada di STIE Tamansiswa Banjarnegara terbagi dalam beberapa UKM yang di laksanakan dan di koordinir sepenuhnya oleh Mahasiswa dan dibina oleh Ketua Bidang Kemahasiswaan, kegiatan – kegiatan tersebut antara lain :
1. UKM Seni Budaya
• Melaksanakan kegiatan dibidang seni dan budaya untuk mengembangkan potensi seni dan budaya para mahasiswa STIE Tamansiswa Banjarnegara sebagai tempat mengekspresikan diri para mahasiswa. • Koordinator ; Ita Ayu Febriana
2. UKM Pencinta Alam
• Melaksanakan kegiatan dibidang pelestarian terhadap alam dan kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan alam sebagai bukti peran serta mahasiswa dalam kecintaan dan kepedulian terhadap alam. • Koordinator ; Linda Nurohmawati
3. UKM Bakat Minat
• Melaksanakan kegiatan dibidang olahraga para mahasiswa untuk menjaga kesehatan para mahasiswa serta agar mahasiswa dapat mengukir prestasi lewat olahraga. • Koordinator ; Sumarno
4. UKM Penalaran
• Melaksanakan kegiatan penalaran, kreatifitas, aktifitas dalam bidang IPTEK, Penelitian, Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Karya Ilmiah. • Koordinator ; Alfian Rochmawati
5. Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
• Koordinator Utama ; Ahmad Mudhakir • Pembantu Utama & Sekretaris ; Fernida Sulistyawati • Pengawas & Bendahara ; Lina Setiawati • Jenis Kegiatan Koperasi Mahasiswa (KOPMA) o Pelaksana I ; Ratri Kurniyawati o Pelaksana II ; Purwanti Setyaningsih
XI. KALENDER RENCANA KERJA BEM
Program kerja BEM di rencanakan oleh pengurus aktif BEM STIE Tamansiswa Banjarnegara selama 1 periode kedepan. Kegiatan – kegiatan dalam periode 1 tahun tersebut dilaksanakan dan dibagi kegiatannya berdasarkan Unit Kegiatan Mahasiswa yang telah disusun dari masing – masing Unit Kegiatan.
Program – program kerja yang akan dilakukan didasarkan pada kalender rencan kegiatan BEM yang diambil dari hari – hari besar yang dianggap perlu untuk diperingati dengan kegiatan – kegiatan yang bernilai positif dan bermanfaat bagi para Mahasiswa khususnya dan bagi Masyarakat Banjarnegara pada umumnya. Kalender rencana kerja BEM ini disusun agar dapat memandu kerja BEM selama satu tahun kedepan. Kalender rencana kerja BEM yang dimaksud adalah sebagai berikut :
KALENDER RENCANA KERJA BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA STIE TAMANSISWA BANJARNEGARA PERIODE 2012 – 2013
1. Badan Eksekutif Mahasiswa a. Hari Wanita Indonesia b. Hari Kartini c. Hari Buku Nasional d. Hari Pasar & Modal Indonesia e. Hari Anak – anak Indonesia f. Hari Departemen Luar Negeri g. Idhul Fitri 1433 H h. Hari Sarjana i. Dies Natalis STIE Tamansiswa Banjarnegara j. Idhul Adha 1433 H k. Hari Kerohanian l. Hari Penderita Cacat m. Hari Ibu n. Hari Farmasi
2. UKM Pecinta Alam a. Hari Kehutanan Dunia b. Hari Air Internasional c. Hari Bumi / Earth Day / KTT Bumi d. Hari Cuci Tangan Sedunia e. Hari Pohon f. Hari Lingkungan Hidup
3. UKM Bakat Minat a. Hari Palang Merah Internasional b. Hari Keluarga Nasional c. Hari Olahraga Nasional d. Hari Kesehatan Nasional e. Hari AIDS Sedunia
4. UKM Seni dan Budaya a. Hari Film Indonesia b. Hari Pendidikan Nasional c. Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia d. Hari Batik Dunia
5. UKM Penalaran
6. Koperasi Mahasiswa (KOPMA) a. Hari Bank Indonesia b. Hari Koperasi Indonesia c. Hari Keuangan d. Tahun Baru Masehi
XII. PENUTUP
Kegiatan – kegiatan yang telah direncanakan tidak dapat terealisasikan tanpa bantuan dari seluruh mahasiswa serta dari pihak kampus STIE Tamansiswa yang menaungi dari pada setiap kegiatan yang dilakukan Badan Eksekutif Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tamansiswa Banjarnegara. Semoga dengan kerjasama yang baik kegiatan yang akan dilaksanakan berjalan dengan baik.
Bajarnegara, 14 Februari 2012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar