Rabu, 22 September 2010

BAGAIMANA MEMBUKA USAHA

Oleh: Mike Rini

Dikutip dari CBN CyberSHOPPING

Dear Mba Mike...
Saya ingin tanya bagaimana membuka suatu jenis usaha. Apa-apa saja yang perlu dipersiapkan. Saya pernah berencana untuk membuka rental buku. Yang saya ingin tanyakan juga, hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk menjalankan usaha tersebut, dan berapa besar dana minimal yang harus disediakan untuk usaha tersebut.

Terima kasih atas jawabannya.

Monic

Jawaban:

Halo Monic,

Saya mendukung sekali keinginan Anda untuk membuka usaha, dengan harapan untuk bisa mendapatkan penghasilan dari usaha tersebut. Membuka usahanya sebenarnya simpel dan sederhana, hanya lebih rumit daripada yang kita pikirkan. Kebetulan usaha rental buku sekarang cukup diminati, terlihat dari menjamurnya rental-rental buku di berbagai tempat. Tren ini saya kira dipicu dengan meningkatnya minat baca anak-anak yang terutama pada buku-buku komik Jepang, namun tidak semua pembacanya mampu membeli buku komik yang terbit dalam ratusan seri tersebut. Bukan cuma anak kecil orang dewasa yang juga gemar membaca komik juga ikut-ikutan, cuma sayang juga kalau harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli komik lagipula menyimpan komik memakan tempat. Akhirnya orang menangkap kebutuhan ini, dan bermunculanlah rental buku.

Pertama kali tentunya yang harus dipersiapkan adalah mental sebagai pengusaha dulu. Banyak sekali sikap positif yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha, namun sebagai awal mula fokuslah kepada membangun disiplin dan konsistensi. Sikap disiplin diperlukan agar kita tidak malas, tepat waktu, dan selalu memenuhi janji-janji yang udah kita buat yang berkaitan dengan usaha tersebut. Misalnya janji membuat rencana usaha dan menjalankan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, janji akan membuka toko pada jam buka dan tutupnya, janji akan membuat laporan keuangannya, janji akan membuat daftar buku-buku pinjaman, dan lain-lain. Konsistensi diperlukan agar Anda tidak mudah patah semagat, apapun yang terjadi maka usaha harus tetap berjalan, sebab kalau sedikit-sedikit ada halangan lalu berhenti lalu buka lagi sulit sekali untuk mempertahankan usaha apalagi mengembangkannya.

Selanjutnya adalah persiapan prasarana dan sarana usaha rental buku sebagai berikut:

1. Tempat yang strategis. Tempat yang strategis memang akan sangat membantu pemasaran usaha Anda. Namun jika modal yang terbatas, kita bisa mensiasatinya dengan berbagai cara, misalnya menggunakan rumah Anda dulu, sehingga pelanggannya adalah orang-orang disekitar lingkungan rumah Anda. Bisa juga Anda bekerja sama dengan orang lain menggunakan tempatnya, kemudian tinggal diatur cara bagi hasil usahanya. Bisa juga Anda sewa tempat, namun negosiasikan untuk cara pembayarannya sewa yang fleksibel.
2. Tenaga kerja. Apakah Anda sendiri yang akan menjaga tempat dari buka hingga tutup setiap hari. Apakah sudah membutuhkan orang lain untuk bergantian menjaga tempat. Berapa upahnya? Dimana mencari pegawai ini? Saran saya mula-mula saat awal merealisasikan bisnis dari hobi ini, manfaatkanlah tenaga kerja yang ada. Orang-orang terdekat seperti pasangan anda, anak, kerabat atau tetangga terdekat misalnya. Ketika usaha kita maju, barulah kita berpikir untuk merekrut tenaga kerja sesuai kebutuhan.
3. Modal, untuk memulai bisnis rental buku, tak harus memiliki modal uang yang banyak. Modal mengadakan persediaan buku-buku yang disewakan bisa disiasati dengan berbagai cara. Awal mula pakailah koleksi buku-buku Anda sendiri, kalau Anda tidak sanggup membeli buku-buku yang baru, beli saja buku bekas yang masih bagus kualitasnya, atau bisa meminta keringanan pembayaran pada penerbit untuk membayarnya dengan cara mencicil. Jangan segan juga untuk meminta sumbangan buku-buku yang anda butuhkan kepada teman-teman Anda. Mereka pasti mau membantu Anda.
4. Sebaiknya Anda juga mengurus izin usahanya. Bisa izin usaha dari RT/RW atau keamanan setempat. Namun secara prinsip, yang saya maksudkan adalah berbadan hukum yaitu dengan akte notaris. Namun jangan sampai izin usaha ini justru menghalangi niat Anda mendirikan usaha. Toh bisa bertahap; izin RT dulu, sambil jalan, usaha makain ramai makin laris, izin usaha makin dilengkapi.
5. Administrasi & pengendalian keuangan. Jangan lupa untuk menyelenggarakan sistem administasi dan pengendalian keuangan perusahaan, seperti buku catatan persediaan buku-buku, buku catatan keluar masuk buku yang dipinjam buku catatan daftar anggota rental buku, buku transaksi keluar masuknya uang harian , buku laba rugi bulanan, dan lain-lain. Buatlah sistem pencatatan yan sederhana tujuannya adalah agar Anda dapat menjalankan usaha dengan tertib , dan mengetahui keluar masuknya uang Anda.
6. Rencana strategi pemasaran:
1. Buatlah strategi penetapan harga rental buku yang kompetitif;
2. Tetapkanlah siapa target market rental buku Anda, apakah hanya pembaca anak-anak atau ingin menggaet pembaca dewasa juga;
3. Buat kriteria yang jelas untuk buku-buku yang disewakan di usaha rental buku Anda. Apakah sementara hanya buku komik anak-anak, apakah akan ditambah dengan buku fiksi anak dan buku fiksi dewasa, setelah itu kembangkanlah sesuai dengan permintaan konsumen;
4. Buatlah strategi memperkenalkan usaha anda dengan cara melakukan promosi dan publisitas .

Semoga berhasil dengan usaha rental bukunya.

Salam,
Mike Rini
Perencana Keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar